Profil Perusahaan

Perusahaan PT Multistrada Arah Sarana Tbk disingkat MASA (“Perseroan”) adalah produsen ban di Indonesia yang sebelumnya didirikan dengan nama PT Oroban Perkasa berdasarkan akta Perseroan Terbatas No. 63 tahun 1988.  Perseroan memproduksi ban kendaraan bermotor roda dua dan roda empat baik merek sendiri (Achilles dan Corsa) maupun offtake, dengan area pemasaran di pasar domestik dan ekspor.

Pada tahun awal berdiri dengan memanfaatkan area pabrik yang luas dan didukung teknologi modern, Perseroan secara langsung mendapatkan bantuan teknis berupa desain dan distribusi dari Pirelli-Itali dan Continental GMbh-Jerman.

Tahun 2019 merupakan perubahan yang cukup besar bagi Perseroan, dimana Perseroan menerima pemberitahuan dari Para Pemegang Saham Pengendali di tanggal 22 Januari 2019, yang menginformasikan bahwa para Pemegang Saham Pengendali, bersama-sama dengan pemegang saham lain dari Perseroan dan Michelin telah membuat dan menandatangani Agreement for the sale and purchase of an interest in PT Multistrada Arah Sarana Tbk.

Menindaklanjuti perjanjian tersebut, tepatnya pada tanggal 6 Maret 2019 telah terjadi akusisi sebesar 87,59% saham Perseroan oleh Compagnie Générale des Etablissements Michelin (selanjutnya disebut dengan singkat ”Michelin”), dan akusisi saham dilanjutkan dengan Tender Offer dengan pembelian saham sebesar 1.106.844.271 saham. Sehingga kepemilikan saham Michelin terhadap Perseroan menjadi 9.149.766.702 saham (99,64%). Dengan terjadinya akuisisi yang dilakukan oleh Michelin, sampai saat ini Perseroan masih dalam proses transisi dari Manajemen lama ke Manajemen yang baru tentunya di bawah naungan Michelin.

Sukses Perseroan

Melalui  dukungan jaringan distribusi yang semakin luas baik pasar domestik maupun pasar ekspor, reputasi Perseroan juga terus meningkat dan hal itu didukung dengan komitmen Perseroan untuk terus mengembangkan produk-produk baru yang sesuai dengan perkembangan pasar. Produk-produk baru seperti ban Solid Tire “ST” serta ban radial untuk truk dan bus “TBR” juga telah mendapatkan tempatnya sendiri di pasar meskipun volumenya masih sedikit.

Seiring dengan kesuksesan yang telah diraih, Perseroan secara terus-menerus memperbaiki kondisi internal Perusahaan dengan menerapkan standar kualitas keselamatan dunia dalam proses produksi untuk menjaga keselamatan konsumen. Hal tersebut dibuktikan dengan mendapatkan beberapa sertifikasi antara lain ISO/TS 16949:2009 dan ISO IEC 17025:2008 untuk Quality Management System dan beberapa sertifikat produk antara lain SNI, CCC, Inmetro, BIS, ECE, GSO, DOT.

Dengan berpegang teguh pada komitmen untuk menghasilkan ban yang berkualitas, Perseroan berhasil menjadi salah satu produsen ban nasional yang cukup diperhitungkan sejak 2004 hingga sekarang. Pencapaian Perseroan dicapai dengan waktu relatif cukup singkat Jika dibandingkan dengan pesaing di industri yang sama. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya penjualan dan pengakuan atas produk Perseroan dari pasar otomotif baik dari Indonesia hingga seluruh dunia, sehingga membuat Perseroan terus meningkatkan kinerja sesuai dengan status sebagai produsen ban kelas dunia.

Perseroan memiliki target untuk terus menghasilkan produk berkualitas sehingga penjualan meningkat dan meningkatkan brand image di pasar dunia. Untuk mencapai target tersebut Perseroan senantiasa didukung dengan perpaduan kemampuan teknis, bisnis, keunggulan pada fasilitas yang dimiliki, serta sinergi dari seluruh karyawan yang bekerja bersama.