Penjualan Ban Motor yang Melesat

June 9, 2017
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Sepanjang tahun 2016 Perseroan mencatatkan pertumbuhan penjualan pada produk ban Motorcycle “MC” yang dikenal dengan merk Corsa mencapai hasil signifikan sebesar 35% dibandingkan tahun sebelumnya dari 3,3 juta ban menjadi 4,4 juta ban, dengan kontribusi yang berasal dari pasar domestik. Peningkatan tersebut terus berlanjut sampai dengan tahun 2017, tercermin dari peningkatan penjualan ban motor kuartal 1 sebesar 1,4 juta ban, naik 72% dibandingkan kuartal 1 tahun 2016.

Sedangkan volume penjualan ban Passenger Car Radial “PCR” dalam merk Achilles, pada tahun 2017 sudah menunjukkan peningkatan setelah mengalami penurunan di tahun 2016, hal ini tercermin dari peningkatan volume penjualan PCR sebesar 4% yang terjadi pada kuartal 1 tahun 2017. Peningkatan ini diharapkan menjadi momentum yang baik untuk terus meningkatkan penjualan ban Perseroan baik di pasar lokal maupun pasar ekspor. Berbagai aktivitas pemasaran yang tepat sasaran terus dilakukan Perseroan. Salah satunya adalah menjalin sponsorship dengan klub sepak bola Paris Saint-Germain (PSG) dan klub sepak bola lokal Indonesia yang memiliki berbagai prestasi serta fan base yang kuat.

Jaringan distribusi juga sangat penting dalam mendukung penjualan. Oleh karena itu Perseroan terus memperkuat jaringan distribusi baik lokal maupun ekspor. Salah satunya dengan perpanjangan tangan melalui kantor perwakilan di pasar Amerika sebagai salah satu pasar utama. Sedangkan untuk pasar lokal langkah yang ditempuh yaitu memperluas family channel yang telah ada dan membuat family channel baru untuk ban motor.

Pada awal tahun ini, Perseroan juga telah berhasil memasarkan produk ke Korea Selatan, yang merupakan salah satu pasar besar di Asia yang mensyaratkan produk berkualitas tinggi. Produk Perseroan akan dipasarkan oleh salah satu distributor terbesar di Korea Selatan dengan jaringan distribusi yang sangat luas, sehingga diharapkan produk Perseroan akan dengan cepat diterima.

Berbagai inisiatif efisiensi biaya juga terus dilakukan untuk terus menekan biaya produksi sehingga Perseroan dapat menghasilkan produk berkualitas dengan nilai ekonomis dan dapat bersaing dengan ban keluaran pabrik lainnya.

“Menghadapi tahun 2017, tantangan yang akan dihadapi Perseroan di industri ban baik domestik maupun internasional diperkirakan masih sama seperti yang dihadapi pada tahun-tahun sebelumnya. Namun kami percaya tahun ini Perseroan sebagai salah satu produsen ban nasional terbesar di Indonesia tahun ini akan terus mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan, ” tutup Pieter Tanuri selaku Presiden Direktur PT Multistrada Arah Sarana Tbk.